Tubuh Lemas Setelah Berolahraga? Ini alasannya

Tubuh Lemas Setelah Berolahraga? Ini alasannya

Latihan rajin adalah kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mendapatkan berat badan ideal. Dengan rajin berolahraga, tubuh terasa bugar dan lebih mudah melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Namun bagi sebagian orang, tubuh terasa lemas setelah berolahraga. Mengapa demikian?

Manajer Medis Divisi Kesehatan Konsumen PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, menjelaskan beberapa alasan mengapa tubuh sering menjadi lemah setelah berolahraga. Inilah alasannya.

Tubuh Lemas Setelah Berolahraga? Ini alasannya
Tubuh Lemas Setelah Berolahraga? Ini alasannya

Tidak pemasan

Pemanasan sebelum berolahraga berfungsi untuk membuat otot fleksibel dan memperlancar sirkulasi darah ke otot. Selain itu, pemanasan membuat sambungan lebih fleksibel sehingga tidak terkunci, yang biasanya menjadi penyebab tubuh yang lemah setelah berolahraga.
“Jenis pemanasan yang dapat dilakukan adalah kardio ringan dikombinasikan dengan peregangan dinamis atau statis ringan,” kata Dr. Helmin.

Jarang berolahraga

Orang yang tidak pernah berolahraga dan langsung melakukan olahraga berat, kata Dr. Helmin, kemungkinan besar akan merasa lemas setelah berolahraga. Sebab, beberapa organ dikejutkan oleh aktivitas berat.

“Seperti jantung, saraf, persendian, dan otot. Hasilnya adalah kelelahan, tubuh menjadi sakit dan kaku. Tujuan membuat tubuh bugar akhirnya tidak tercapai,” katanya.

Maka Anda harus berolahraga secara bertahap, dari olahraga ringan hingga berat. Ini penting karena tubuh perlu menyesuaikan diri dengan aktivitas yang dilakukan.
Dehidrasi dan Kekurangan Nutrisi

Kekurangan cairan

mempengaruhi kondisi tubuh setelah berolahraga. Saat berolahraga, sirkulasi tubuh menjadi baik dan lebih banyak oksigen masuk. Maka cukup cairan dibutuhkan untuk memperlancar metabolisme.

Selain cairan, kurangnya asupan nutrisi seperti protein dan karbohidrat dapat membuat tubuh lemah karena tidak dapat menggantikan kalori yang terbuang setelah berolahraga.

Agar tubuh tetap bugar dan bugar setelah beraktivitas seperti berolahraga, konsumsilah multivitamin seperti Fatigon Multivitamin (kemasan putih). Kombinasi vitamin B kompleks, potasium, magnesium aspartat, dan vitamin E berfungsi untuk membantu menjaga kesehatan tubuh dan mengembalikan antusiasme setelah beraktivitas.

About the author

Leave a Reply