7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Mandi adalah kegiatan yang selalu dilakukan oleh manusia, yaitu dengan merendam tubuh dari ujung kaki hingga kepala. Tujuan mandi juga beragam, mulai dari membersihkan, menyegarkan tubuh, menghilangkan stres, bahkan untuk kesehatan. Manfaat mandi untuk tubuh juga banyak, mulai dari tubuh menjadi lebih bersih, bebas dari kuman dan bakteri.

Mandi bisa dilakukan dengan menggunakan air dingin atau air hangat. Mungkin Anda sudah sering menggunakan air dingin di pagi atau sore hari. Anda juga harus sesekali mandi menggunakan air hangat.

Mandi air hangat untuk orang sakit dapat membuat tubuh lebih rileks dan juga baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, manfaat mandi air hangat. Sebenarnya mandi dengan air hangat atau mandi dengan air dingin sama-sama bermanfaat. Manfaat mandi di air dingin mungkin sudah diketahui sebagian orang. Bagaimana kalau mandi dengan air hangat?

7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Mandi Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini kami rangkum beberapa informasi tentang manfaat mandi menggunakan air hangat dari berbagai sumber:

1. Menyembuhkan Flu dan Sakit Kepala

Manfaat mandi dengan air hangat adalah yang pertama untuk meredakan flu dan sakit kepala. Dengan mandi air hangat, memungkinkan Anda untuk menghirup uap air sebagai dekongestan alami.

Untuk hasil maksimal, Anda juga dapat menambahkan beberapa minyak esensial seperti minyak kayu putih atau minyak peppermint agar memiliki efek yang lebih kuat. Mandi di air hangat juga akan membantu memperlancar sirkulasi darah ke otak.

2. Menghapus Racun

Manfaat mandi dengan air hangat hampir sama dengan membantu melancarkan sirkulasi darah, yang dapat membantu meningkatkan sistem getah bening di dalam tubuh yang kemudian menyebabkan Anda berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh akan membawa racun dan bakteri dari dalam tubuh Anda.

3. Mengurangi Tekanan Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat menurunkan tekanan darah. Ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kondisi jantung tidak sehat, yang merupakan kondisi jantung yang harus hati-hati meningkatkan tekanan darah.

Tetapi sebelum mandi atau berendam dalam air hangat, Anda memiliki masalah jantung untuk berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu karena dapat meningkatkan detak jantung Anda.

4. Menghilangkan stres

Saat mandi menggunakan air hangat, usahakan jangan terburu-buru. Luangkan waktu untuk menikmati kehangatan air yang mengguyur tubuh Anda. Ini akan memiliki efek menenangkan pada tubuh dan dapat menghilangkan stres.

Anda bisa mandi atau berendam di air hangat setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, berendam dalam air hangat juga bisa melenturkan otot-otot tubuh yang kaku.

5. Mengatasi Kesulitan Tidur

Jika Anda mengalami masalah dengan insomnia, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi atau berendam di air hangat. Dengan menggunakan air hangat, suhu tubuh akan meningkat dan kemudian akan turun perlahan ketika Anda mulai meninggalkan bak mandi atau selesai mandi. Perubahan suhu ini akan memicu kantuk dan tidur cepat.

6. Menurunkan Berat Badan

Menurut penelitian, orang yang mengalami diabtes dan berendam dalam air hangat secara teratur dapat mengurangi kadar gula dan glukosa dalam darah. Anda bisa berendam sekitar 20-30 menit, 6 kali seminggu, dan lihat hasilnya. Tetapi ini juga akan sia-sia jika tidak dilakukan dengan gaya hidup sehat.

7. Tingkatkan Kecerdasan Otak

Berendam atau berendam di air hangat akan menenangkan sistem saraf, sekaligus mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tingkat stres dan kecemasan juga dapat dikurangi secara signifikan, yang kemudian dapat meningkatkan suasana hati.

Selain itu, suhu dan juga tekanan air dapat meredakan tulang belakang dari ketidaknyamanan atau rasa sakit, dan telah ditemukan untuk meringankan gejala penyakit Parkinson.

Mandi atau berendam dalam air hangat ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan. Anda bisa mempraktikkannya di rumah dan merasakan manfaat dari ritual ini.

Leave a Reply