Ketahui Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

Buah kuning ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh wanita hamil, termasuk karbohidrat, serat, air, protein, dan vitamin dan mineral, seperti vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, mangan, dan folat. Kandungan nutrisi ini menjadikan pisang sebagai salah satu asupan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sederet manfaat pisang untuk kesehatan

Saat hamil, ibu hamil harus lebih selektif dalam memilih makanan, karena apa pun yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhan janin. Selain direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin prenatal, wanita hamil juga harus mengonsumsi makanan sehat, termasuk buah-buahan yang merupakan sumber vitamin.

Salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil adalah pisang. Berikut beberapa manfaat pisang untuk ibu hamil:

Ketahui Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil
Ketahui Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil

1. Cegah sembelit

Salah satu manfaat pisang untuk ibu hamil adalah mencegah sembelit. Kondisi ini sering terjadi pada wanita hamil, karena pencernaan lambat karena perubahan hormon, tekanan pada usus oleh rahim yang membesar, dan kandungan zat besi dalam vitamin prenatal.

Untuk mengatasinya, Ibu dianjurkan mengonsumsi serat sebanyak 25 hingga 30 gram per hari. Pisang dapat dipilih sebagai sumber serat harian, karena dalam 1 buah pisang berukuran sedang terdapat sekitar 2,5 gram serat.

2. Meringankan mual di pagi hari

Pada awal kehamilan, wanita hamil cenderung malas makan. Ini disebabkan oleh morning sickness yang dapat menyebabkan mual dan muntah, sehingga nafsu makan berkurang.

Pisang dipercaya dapat meredakan mual dan muntah, karena mengandung vitamin B6. Selain itu, pisang juga mudah dicerna dan cukup mengenyangkan.

3. Menangkal radikal bebas

Asupan vitamin C yang disarankan untuk wanita hamil adalah sekitar 80-85 mg per hari. Pisang mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, membentuk kolagen di tulang, tulang rawan, otot, kulit dan pembuluh darah; dan penting untuk perbaikan jaringan dan penyembuhan luka.

4. Mengurangi risiko cacat lahir

Asam folat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mencegah cacat lahir pada bayi, terutama cacat pada tabung saraf dan otak. Ini biasanya terjadi pada 3-4 minggu pertama kehamilan pada wanita yang kekurangan asam folat.

Jadi, ibu hamil perlu makan makanan yang kaya asam folat, seperti pisang. Untuk mengurangi risiko cacat pada tabung saraf janin, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari.

Asupan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang kaya asam folat dan suplemen kehamilan yang diresepkan oleh dokter.

5. Meringankan kram kaki

Kalium dalam pisang dapat membantu meringankan kram kaki yang sering dikeluhkan oleh wanita hamil. Selain itu, potasium juga berperan dalam menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, dan membantu kerja otot dan saraf.

Sekarang, ibu hamil sudah tahu apa manfaat pisang untuk ibu hamil, kan? Ayo, mulailah menambahkan buah ini ke menu sehari-hari atau camilan sehari-hari. Selain dimakan langsung secara lezat, buah ini juga dapat diolah menjadi salad, smoothie, jus, atau campuran oatmeal.

About the author

Leave a Reply