Ketahui Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

Selain tinggi protein, kedelai hitam juga mengandung banyak serat, vitamin B12, K dan A, zat besi, magnesium, mangan, seng, kalium, folat, dan antioksidan. Selain itu, kedelai jenis ini memiliki kadar lemak dan karbohidrat yang rendah.

Sederet Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan
Ketahui Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi kedelai hitam:

1. Mencegah dan melawan kanker

Sama seperti kedelai biasa, kedelai hitam juga mengandung antioksidan isoflavon. Isoflavon adalah fitoesterogen, yang merupakan zat dengan fungsi yang mirip dengan hormon estrogen. Zat ini dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat dan kanker payudara.

Selain itu, kedelai hitam juga kaya akan pitosterol dan saponin yang diyakini mampu melawan kanker.

2. Membantu mengurangi kolesterol

Kedelai hitam mengandung serat tinggi dan antioksidan. Selain isoflavon, kedelai hitam juga mengandung zat antosianin. Zat ini memberi warna hitam kedelai.

Kandungan serat, protein, dan antioksidan yang tinggi dalam kacang kedelai hitam bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Kedelai jenis ini sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari oleh orang-orang dengan kolesterol tinggi.

3. Mengurangi risiko pembekuan darah

Trombosis atau gumpalan darah bisa berakibat fatal jika menyumbat aliran darah ke organ-organ penting, seperti otak, jantung, dan paru-paru. Konsumsi rutin kacang kedelai hitam diyakini mampu mencegah pembentukan gumpalan darah yang dapat menyebabkan penyumbatan.

4. Menjaga stabilitas gula darah

Kandungan nutrisi dan zat aktif yang ditemukan dalam kedelai hitam juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah normal. Sebuah studi skala kecil menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi kedelai hitam memiliki kadar gula darah yang lebih stabil.

5. Memperlancar sirkulasi darah dan mencegah penyakit jantung

Kedelai hitam mengandung lemak sehat, yaitu asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Selain kandungan seratnya yang tinggi, kandungan alpha linoleic juga membuat kacang hitam bermanfaat bagi kesehatan jantung dan dapat mencegah penyakit jantung.

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai manfaat kedelai hitam di atas, masukkan kedelai hitam ke dalam diet harian Anda. Anda bisa mengolahnya dengan merebus, menggoreng, atau membuatnya sup. Tetapi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Leave a Reply