Seperti Ini Dampak Kekurangan Vitamin A dan Cara Mencegahnya

Seperti Ini Dampak Kekurangan Vitamin A dan Cara Mencegahnya

Kekurangan vitamin A dapat terjadi pada siapa saja, tetapi anak-anak dan wanita hamil lebih berisiko mengalami kondisi ini, terutama mereka yang tinggal di negara berkembang, termasuk Indonesia.
Seseorang dapat mengalami kekurangan vitamin A karena kurangnya asupan vitamin ini, atau karena gangguan pada saluran pencernaan yang membuat penyerapan vitamin A menjadi bermasalah.

Mengakui Dampak Kekurangan Vitamin A

Salah satu efek paling umum dari kekurangan vitamin A adalah masalah mata, seperti degenerasi makula, mata kering, penurunan fungsi visual, dan kelainan kornea yang disebut xerophthalmia.

Seperti Ini Dampak Kekurangan Vitamin A dan Cara Mencegahnya
Seperti Ini Dampak Kekurangan Vitamin A dan Cara Mencegahnya

Selain mengganggu kesehatan mata, efek kekurangan vitamin A yang bisa terjadi antara lain:

1. Kulit kering

Orang yang kekurangan vitamin A lebih berisiko mengalami masalah kulit, terutama eksim dan kulit kering. Ini terjadi karena vitamin A adalah salah satu vitamin penting yang berperan dalam membantu menciptakan dan memperbaiki sel-sel kulit.

2. Infeksi mudah

Vitamin A memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Kurangnya asupan vitamin A dikaitkan dengan berbagai risiko infeksi seperti ISPA, radang paru-paru, diare, dan campak. Mereka yang kekurangan vitamin A, terutama anak-anak, berisiko terkena komplikasi campak. Karena itu, asupan vitamin A penting untuk dipenuhi agar sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

3. Risiko kanker meningkat

Hubungan antara kekurangan vitamin A dan kanker masih menjadi perdebatan. Namun menurut sebuah penelitian, kadar vitamin A yang rendah dalam tubuh berisiko memicu pertumbuhan sel kanker.

Namun, studi lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan seberapa besar pengaruh kekurangan vitamin A pada penampilan kanker.

4. Gangguan pertumbuhan pada anak-anak

Anak-anak membutuhkan nutrisi lengkap untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Salah satu nutrisi yang juga perlu dipenuhi adalah kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A pada anak dalam jangka panjang diketahui membuat pertumbuhan anak terhambat, sehingga tubuh anak menjadi lebih pendek dari teman sebayanya.

5. Masalah kesuburan

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan masalah kesuburan atau infertilitas. Salah satunya adalah kekurangan vitamin A. Tidak hanya pada wanita, gangguan kesuburan karena kekurangan vitamin A juga bisa terjadi pada pria.

Lebih lanjut, defisiensi vitamin A juga dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelainan genetik atau cacat lahir pada janin yang dikandung.

Upaya Mencegah Kekurangan Vitamin A

Asupan vitamin A bisa didapat dari makanan. Beberapa makanan yang merupakan sumber vitamin A adalah:

  • Jantung.
  • Ayam dan sapi
  • Ikan salmon.
  • Telur.
  • Susu dan produk olahannya, yaitu keju dan yogurt.
  • Buah-buahan, seperti mangga, melon, labu, aprikot, cabai, dan jeruk.
  • Berbagai jenis sayuran, seperti wortel, brokoli, bayam, dan kentang manis.

Kekurangan vitamin A masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia. Kondisi dapat menyebabkan berbagai gangguan serius, sehingga upaya pencegahan perlu dilakukan. Itulah sebabnya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan program vitamin A untuk anak di bawah lima tahun (balita) secara nasional, setiap bulan Februari dan Agustus.

Walaupun penting untuk kesehatan, vitamin A tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah berlebihan karena dapat menyebabkan overdosis atau keracunan vitamin A. Asupan vitamin A yang direkomendasikan per hari adalah 900 mikrogram untuk pria, 700 mikrogram untuk wanita, dan 1.300 mikrogram untuk ibu menyusui.

Untuk mendapat asupan vitamin A tambahan, Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin A yang dijual bebas. Namun, Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter nutrisi tentang jenis suplemen dan dosis yang aman untuk dikonsumsi.

About the author

Leave a Reply