5 Cara Melakukan Latihan Pernapasan untuk Kesehatan

5 Cara Melakukan Latihan Pernapasan untuk Kesehatan

Latihan pernapasan adalah salah satu bentuk latihan yang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama paru-paru dan jantung. Untuk melakukan hal ini terlalu mudah, dan tidak memerlukan banyak waktu. Berikut caranya:

1. Gerakan rib stretch

Sangat mudah untuk melakukan gerakan ini. Tubuh dalam posisi tegak, napas semua oksigen dari paru-paru. Tarik napas perlahan, mengisi paru-paru dengan udara sebanyak mungkin. Ketika ia memiliki inhalasi maksimal, jangan langsung menghembuskan napas. Tahan napas Anda selama 10-15 detik. Setelah itu menghembuskan napas kembali semua oksigen dari paru-paru keluar.

5 Cara Melakukan Latihan Pernapasan untuk Kesehatan
5 Cara Melakukan Latihan Pernapasan untuk Kesehatan

2. Gerakan diafragma

Cara melakukannya adalah dengan gerakan diafragma dapat duduk kembali, bersandar dan menempatkan satu tangan di perut Anda dan satu tangan di dadanya lagi. Tarik napas selama dua detik, lalu buang napas selama dua detik melalui bibir terbuka kecil karena dia merasa mengempis perut. Ulangi 10 kali untuk menjaga tubuh Anda tetap tegak.

3. Gerakan numbered breathing

Mulailah gerakan dengan berdiri lurus dan mata tertutup. Tarik napas dalam-dalam sambil membayangkan nomor 1. Tahan napas selama beberapa detik, lalu buang napas sambil membayangkan nomor 2. Lanjutkan sehingga sampai dengan angka 8.

4. Gerakan pursed-lips breathing

Untuk latihan ini Anda mulai menghirup perlahan melalui hidung ke bibir tetap posisi tertutup. Setelah itu menghembuskan napas perlahan mungkin melalui bibir. Ulangi beberapa kali. Anda dapat melakukannya sambil berdiri atau tegak.

5. Gerakan pranayama

Mulailah dengan duduk bersila dalam posisi tegak. Kemudian tutup lubang hidung kiri dengan jari-jari Anda. Ambil napas dalam-dalam dan perlahan-lahan dengan bagian terbuka lubang hidung sebelah kanan. Kemudian lakukan dengan lubang hidung yang berbeda. Lakukan gerakan ini secara bergantian hingga 10 kali.

About the author

Leave a Reply